Cara Setting Boot Dari USB

USB boot adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk booting apabila komputer ataupun laptop tidak memiliki CD/DVD ROM. Selain flash disk, CD/DVD ROM dan drive eksternal juga bisa digunakan. Disini yang akan saya bahas adalah pemilihan atau pengaturan boot dari USB.

Secara default, pada komputer atau laptop yang memiliki CD/DVD ROM biasanya di setting untuk booting dari CD/DVD ROM pada urutan pertama boot pada BIOS. Setting ini diperlukan agar BIOS memeriksa apabila ada CD/DVD boot seperti instalasi windows, livecd, ataupun cd lainnya yang mendukung adanya boot atau biasa disebut dengan bootable CD/DVD. Jika BIOS tidak mendeteksi adanya bootable CD/DVD maka booting akan beralih ke drive internal yang telah terpasang sistem operasi seperti windows.

Agar komputer bisa booting melalui USB adalah dengan menyetel pilihan boot pada BIOS. Untuk itu, yang harus dilakukan adalah masuk ke menu BIOS. Tapi sebelum itu, pastikan bahwa USB drive yang akan digunakan adalah bootable USB. Jadi, harus membuat bootable USB terlebih dahulu jika menggunakan flash disk atau drive eksternal.


Baiklah, langsung saja ke langkah-langkah booting dari USB

  1. Nyalakan komputer atau restart jika sudah menyala, lalu tekan tombol "delete" beberapa kali sampai masuk ke menu BIOS.


  2. Catatan:
    • Pada tampilan awal coba perhatikan layar, biasanya akan tertera tulisan "Press DEL to run setup", jika yang tertera F10 maka tekan F10.
    • Tidak semua BIOS menggunakan tombol delete, pada laptop biasanya tombol yang digunakan adalah F2. Beberapa komputer tidak menampilkan text tersebut, dan kebanyakan terjadi pada laptop yang hanya menampilkan logo booting saja.
    • Tampilan menu BIOS akan berbeda-beda, tergantung pada BIOS yang tertanam pada motherboard.



  3. Mengatur boot order ke USB

  4. Pada langkah ini agak susah dijelaskan, karena tampilan menu BIOS sangat beragam. Lebih tepatnya jika saya katakan beda tipe, versi dan fitur BIOSnya.

    Pada pemilihan boot, perangkat USB yang tampil tergantung pada bagaimana USB akan terdeteksi oleh BIOS, apakah sebagai USB Drive/removable atau sebagai hard disk. Jika terdeteksi sebagai hard disk, yang di atur bukanlah boot ordernya melainkan urutan drive mana yang akan dipilih untuk booting pertama. Pengaturan ini ada pada drive priorities (pada gambar dibawah tertera Hard Disk Drives).

Pada gambar diatas saya atur USBnya pada "2nd Boot Device" dikarenakan CD/DVD ROM kosong dan BIOS akan mengabaikan CD/DVD karena tidak ada media boot. Gambar hanya sebagai contoh, namun pada dasarnya pengaturan boot pada BIOS kurang lebih hampir sama saja.

Setelah selesai dan pengaturan disimpan, secara default komputer akan memprioritaskan boot dari USB dan tidak perlu diatur kembali kecuali BIOS dikembalikan ke pengaturan awal. Namun tidak menutup kemungkinan apabila komputer tidak booting secara normal dan perlu diatur kembali.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk booting dari USB adalah jika BIOS dilengkapi fitur Boot Menu sehingga memungkinkan untuk memilih boot secara langsung tanpa perlu masuk ke menu BIOS.


Pada gambar diatas tertera "Press F11 for Boot Menu".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar