0 A.D. Open Source Real Time Strategy Game

Sekilas Tentang 0 A.D.
0 A.D. sebuah open-source game berbasis real time strategy yang di kembangkan oleh Wildfire Games dengan alur peperangan zaman kuno. Konsep awal 0 A.D. telah berjalan sejak tahun 2000. Ide pertama pembuatan muncul atas permintaan fans dari grup gamer bernama Tonto Clan. Mereka menyusun game design untuk remake Age of Empires: The Rise of Rome, dan bermaksud mengirimkannya ke pengembang Age of Empires Ensemble Studios dan menyarankan agar menerapkannya. Karena ES memiliki konsep yang berbeda, yaitu mengembangkan permainan berdasarkan mitologi dan bukan sejarah.

Setelah berbulan-bulan melakukan penelitian kolaboratif dan desain game, sebuah dokumen desain game terpadu diselesaikan pada musim panas 2003. Pengembangan berlanjut hingga 2009 sebagai inisiatif freeware hak milik tertutup, yang berarti seharusnya freeware, dan dimaksudkan agar mudah dimodifikasi, namun source kodenya tertutup dan hanya untuk anggota tim saja.

Sepanjang tahun 2003 sampai 2009, game ini berkembang dengan kecepatan yang bervariasi, kebanyakan di area seni, dengan sejumlah besar unit dan tekstur yang dirancang dari nol.

(image source: suryaden.com)

0 A.D. Alpha 22 "Venustas"
Pada Juli 26 2017 Wildfire Games mengumumkan telah merilis versi Alpha 22 dengan nama Venustas. Pada versi ini dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru yang mana akan menambah pengalaman dan keseruan bermain, diantaranya adalah:

  • Remake banyak model, animasi dan tekstur, dua track musik baru
  • Configuration-free Multiplayer Hosting 
  • Gamemode Tangkap Relik
  • Visualisasi Aura dan Heal Range
  • 12 peta baru
  • Teknologi Spionase, Bonus Tim dan Hero Aura
  • Petra AI Strategi Diplomasi dan Serangan
  • Ringkasan Grafik Layar
  • Cinema Path Editing
  • Sistem Buddy


(image source: play0ad.com)
(image source: play0ad.com)

Sampai sekarang pengembangan 0 A.D. masih berjalan dimana siapapun bisa bergabung untuk menjadi pengembang. Bagi para penggemar game RTS, kamu harus coba game ini, pastinya tidak kalah seru dengan game RTS lain. Karena masih dalam pengembangan dan pasti bakal banyak update sehingga kemungkinan nantinya akan ada fitur-fitur baru.

0 A.D. tidak hanya tersedia untuk sistem operasi Windows tetapi juga tersedia untuk sistem operasi lain seperti Linux dan Mac OS. Dikarenakan pada umumnya banyak pengguna Windows, jadi saya hanya membagikan versi Windows. Untuk pengguna Linux dan Mac OS bisa langsung lihat di website https://play0ad.com.

Spesifikasi Minimum
Sistem Operasi : Windows (XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10)
Processor : 1 GHz Intel atau x86 kompatibel
Memory : 512 MB
VGA : Support OpenGL 1.3, 128 MB
Resolusi : 1024×768

Download 0 A.D. Alpha 22 "Venustas"
Download 0 A.D. Alpha 22 "Venustas" Installer
Download 0 A.D. Alpha 22 "Venustas" Installer Torrent

Tidak ada komentar:

Posting Komentar