12 Manfaat Blog dan Menjadi Seorang Blogger

Apa sih blog? Apa saja sih manfaat blog itu?

Mungkin ini yang terpikir di benak kamu ketika pertama kali mendengar ataupun terjun ke dunia blog. Blog merupakan singkatan dari "web log", salah satu aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Seiring berjalannya waktu, blog telah banyak berkembang dan beralih fungsinya sehingga tidak lagi berupa blog yang berbentuk tulisan.

Blog mempunyai manfaat yang sangat beragam. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari blog atau ngeblog, mulai dari mencari informasi, berita atau sekedar membaca dan menulis blog. Tak heran apabila banyak blogger-blogger baru bermunculan, karena blog memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat blog diantaranya akan saya coba jelaskan.

  1. Punya Kegiatan Baru
  2. Jika kamu baru memiliki atau membuat blog atau baru berencana untuk memiliki blog, atau katakanlah kamu adalah seorang pemula atau baru belajar ngeblog. Tentunya kamu akan punya satu kegiatan baru yaitu blogging alias "ngeblog". Kegiatan baru yang bisa membuat kamu lebih rajin mencari berbagai informasi yang kamu perlukan untuk konten blog dan berusaha untuk menjadi kreatif dengan mengelola blog.

  3. Melatih Keterampilan
  4. Kebanyakan Blogger mengatakan ngeblog dapat melatih keterampilan menulis, itu benar dan itu adalah salah satunya.  Keterampilan menulis tak kalah penting untuk menampilkan karakter dengan ciri khas bahasa yang kamu miliki, selain itu juga keterampilan menulis dapat menarik minat pengunjung. Tapi aktivitas blogging tidak hanya soal keterampilan menulis. Beberapa diantara para blogger ada yang menjalankan internet marketing, menjadi seorang desainer web, menjalankan bisnis, menjual produk, menjadi tutor, inspirator, motivator. Jika kamu adalah seorang desainer tentunya akan mengasah keterampilan desain, desain baju misalnya, desain web, atau desain interior.

  5. Mengembangkan Kreatifitas
  6. Dengan adanya blog, bisa membantu mengembangkan kreatifitas kamu, kamu bisa membuat apa yang kamu bagikan menjadi lebih menarik dan informatif, serta menunjukkan kreatifitas di bidang yang kamu kuasai. Dan karena itu, kamu akan dituntut untuk menjadi lebih kreatif dan lebih baik lagi dalam hal membuat konten.

  7. Media Berbagi
  8. Blog juga merupakan tempat dimana kamu bisa berbagi ilmu, pengalaman, cerita, menyalurkan hobi, menuangkan ide dan gagasan seperti layaknya berbagi di media sosial. Namun tidak sama halnya seperti media sosial, apa yang kamu bagikan di dalam blog akan menjadi lebih menarik dan terkesan ekslusif apabila dituangkan menjadi konten-konten yang berkualitas.

  9. Menambah Ilmu dan Wawasan
  10. Ketika menjadi seorang blogger, kamu akan mencari banyak informasi tentang apa saja yang kamu butuhkan. Kamu akan berusaha untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan baru ataupun cara-cara baru untuk membuat suatu hal. Setelah ilmu dan pengetahuan bertambah, kamu tuangkan ke dalam blog dan mempublikasikan apa yang menurut kamu layak untuk kamu bagikan, pengunjung dan pembaca juga akan mendapatkan tambahan ilmu dan informasi dari apa yang kamu sajikan.

  11. Sebagai Media Belajar
  12. Kamu bisa belajar banyak hal dari blog, belajar untuk jadi lebih baik, belajar untuk membuat konten yang menarik dan juga belajar memotivasi diri untuk selalu memberikan yang terbaik. Selain bisa memotivasi diri untuk selalu memberikan yang terbaik, pengunjung dan pembaca juga bisa belajar banyak hal dari apa yang kamu sajikan dan juga bisa merasakan manfaat dari blog yang kamu kelola.

  13. Menumbuhkan dan Meningkatkan Minat Membaca
  14. Membaca dan menulis adalah hal pertama yang kamu pelajari di sekolah selain berhitung. Menjadi seorang blogger tidak hanya terlatih untuk menulis, namun juga akan terlatih untuk membaca. Dengan membaca, selain menambah ilmu dan wawasan kamu juga mendapatkan inspirasi dan informasi baru untuk konten kamu nantinya. Pengunjung juga akan lebih tertarik untuk membaca hal-hal baru yang menarik dan menikmati tulisan-tulisan yang kamu sajikan.

  15. Sebagai Media Promosi
  16. Sekarang ini banyak sekali orang yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Blog juga demikian, bisa dijadikan tempat untuk berpromosi. Kamu bisa mempromosikan apa saja dalam blog.

  17. Menjadi Populer dan Dikenal Banyak Orang
  18. Selain sebagai media informasi, Blog yang kamu miliki bisa jadi ajang untuk eksistensi diri. Loh, kok bisa? Ya bisa, konten yang kamu sajikan dalam blog bisa kamu gunakan untuk menunjukkan siapa kamu kepada pengunjung. Dengan menyajikan konten yang menarik tentang kamu, pengunjung akan mengetahui siapa kamu lewat blog yang kamu miliki.

  19. Memperbanyak Teman / Relasi
  20. Dari beberapa poin diatas, manfaat blog yang satu ini tidak kalah penting. Blog juga bisa digunakan untuk bersosialisasi. Blog adalah cara yang digunakan seorang blogger untuk berkomunikasi. Selain mengundang pengunjung, blog yang kamu kelola juga bisa mengundang pertemanan dan relasi. Beberapa pengunjung kemungkinan akan berminat untuk menjadikan kamu sebagai teman atau menjadi follower. Tidak menutup kemungkinan juga mengundang kamu untuk menjalin kerjasama sebagai relasi.

  21. Menghasilkan Uang
  22. Sudah bukan rahasia lagi kalau blog bisa menghasilkan uang. Blog yang dikelola dengan baik dan ramai pengunjungnya tentu bisa sangat menghasilkan. Uang memang penting untuk menunjang kebutuhan hidup, tapi jangan dijadikan sebagai alasan bahwa aktivitas blogging yang kamu lakukan hanya untuk menghasilkan uang. Manfaat yang satu ini adalah alasan paling mendasar kenapa kebanyakan blogger berlomba-lomba untuk mendapatkan pengunjung.

  23. Berguna Bagi Orang Lain
  24. Selain berguna untuk diri sendiri, blog yang berisikan hal-hal menarik dan bermanfaat tentunya akan sangat berguna sekali bagi orang lain. Dengan menyajikan konten-konten yang bermanfaat, blog yang kamu kelola akan memiliki nilai lebih dimata pengunjung. Blog yang bagus tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki banyak hal yang berguna bagi banyak orang.

Banyak kan manfaatnya?

Itulah beberapa manfaat blog, dan mungkin tidak terlalu lengkap. Dan saya juga hanya manusia biasa yang masih perlu banyak belajar dan mencoba untuk menjadi lebih baik lagi. Akhir kata, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar